YAYASAN BUNYAN AULADIA CEMERLANG

PROFIL
YAYASAN BUNYAN AULADIA CEMERLANG

Bersatu Menebar Kebaikan, Menghadirkan Generasi Cerdas Beradab
Yayasan Bunyan Auladia Cemerlang adalah lembaga nirlaba berbasis wakaf musytarok yang bergerak di bidang Pendidikan, Dakwah dan Sosial yg telah didirikan sejak tahun 2011 dan telah memiliki legalitas formal dari Pemerintah.
Pendirian yayasan ini dilandasi keyakinan bahwa umat dan bangsa kita memiliki potensi kebaikan yang sangat banyak yang jika dikelola dalam kebersamaan yang kokoh sinergis akan menjadi kekuatan yang sangat besar yang diharapkan akan mengokohkan dan memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.
Melalui bidang Pedidikan, Dakwah dan Sosial, yayasan ini didedikasikan untuk menghadirkan sebanyak-banyaknya generasi yang berkualitas: Cerdas Beradab. Generasi yang akan menyambut dan mengisi masa depan Indonesia Emas tahun 2045.

Inisiator Yayasan
Yayasan Bunyan Auladia Cemerlang berdiri atas inisiatif KangGuru. H. Uus Mauludin dan Ustadz Saepuloh, S.Pd.I yang keduanya telah bertekad untuk mengabdi pada jalur Pendidikan, Dakwah dan Sosial. Sebagai arus utama program yayasan didirikanlah Sekolah Bunyan Indonesia (SBI) dan Pondok Pesantren Bunyan Indonesia yang sejak awal mendapatkan bimbingan dan arahan dari Alloh yarham Bunda Dra. Hj. Djauharah Bawazier, M.Pd., Psi. seorang pakar pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta pencetus konsep Pendidikan Interventif dan Model Sistem Pendidikan Bunyan. Konsep tersebut secara ilmiah telah mendapatkan pengakuan dan apresiasi dalam proyek bersaing dari Kementrian Pendidikan Nasional tahun 1995 dan telah disidangkan di hadapan para ahli pendidikan di IKIP Jakarta (Universitas Negeri Jakarta) tahun 1996.

 
1. SEKOLAH BUNYAN INDONESIA
Sekolah Bunyan Indonesia (SBI) adalah lembaga pendidikan formal yang telah mendapatkan izin operasional dari Pemerintah dan telah terakreditasi Badan Akreditas Nasional Sekolah. Sebagai arus utama program yayasan, ada empat satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Sekolah Bunyan Indonesia yaitu:
1. TKIT Bunyan Indonesia (Full day school)
2. SDIT Bunyan Indonesia (Full day school)
3. SMPIT Bunyan Indonesia (Full day & Boarding school)
4. SMAIT Bunyan Indonesia (Full day & Boarding school)
Sekolah Bunyan Indonesia hadir dalam rangka membantu Pemerintah mewujudkan tujuan pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 pasal 3. Berdasarkan amanat konstitusi tersebut, Ponpes dan Sekolah Bunyan Indonesia merumuskan visi pendidikan dalam satu satu kalimat: “Menghadirkan generasi cerdas beradab”
Generasi Cerdas adalah generasi yang memiliki 3 dimensi kecerdasan: Cerdas Diri, Cerdas Sosial dan Cerdas Kontribusi. Sedangkan Generasi beradab artinya generasi yang memiliki adab dan akhlak mulia berlandaskan pada ajaran Islam yang sesuai Al-Qur`an dan Sunnah yang dengan hal tersebut diharapkan lahir generasi yang Dewasa Moral pada usia 15 tahun.
Dengan mengharap ridho Alloh dan semangat menebar kebaikan demi lahirnya generasi Cerdas Beradab Yayasan Bunyan Auladia Cemerlang siap bekerjasama dengan siapapun yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mendirikan cabang-cabang Sekolah Bunyan Indonesia berbasis wakaf musytarok di seluruh wilayah Indonesia


2. PONDOK PESANTREN BUNYAN INDONESIA
Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam khas Nusantara warisan para ulama sebagai Pusat Pendidikan, Dakwah dan Pemberdayaan Umat yang telah melahirkan para pejuang penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pondok Pesantren tidak sebatas tempat belajar, melainkan miniatur kehidupan itu sendiri; Beriman, Berilmu, Beramal, Berdakwah dan memberdayakan umat menjadi siklus utama Pondok Pesantren.
Pondok Pesantren Bunyan Indonesia telah terdaftar di Kementrian Agama Republik Indonesia pada Direktorat Jendral Pendidikan Islam dengan Nomor Statistik Pesantren (NSP) 5100.3216.0263. Secara Nasional telah bergabung dengan Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia ( BKsPPI ) dengan Piagam Statistik Anggota no 72181623 dan ikut serta secara aktif dalam Majlis Pesantren dan Ma’had Dakwah Indonesia ( MAPADI ) dan telah tercatat sebagai anggota dan pengurus Forum Pondok Pesantren tingkat Kabupaten Bekasi

 
3. BUNYAN ISLAMIC CENTER
Bunyan Islamic Center adalah fasilitas bersama bagi masyarakat sekitar dan siapa saja yang ingin menggunakannya untuk pertemuan, pelatihan atau ingin mengkaji dan memperdalam ajaran Islam baik untuk muslim ataupun nonmuslim.
Program-program training berkala, kajian kajian Umum, Majelis Qur`an, kajian intensif, Perayaan Hari Besar Islam serta perpustakaan digital (Hybrid Library Technology) menjadi fasilitas utama yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.
Selain itu, Bunyan Islamic Center juga mencoba untuk memhadirkan komunitas komunitas kepedulian sosial seperti Madrasah Bunda Indonesia, Gerakan Peduli Lingkungan Hijau, Para Pecinta Alam, Gerakan Bentang Sajadah, Masjidku Bersih dan lain sebagainya yang manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.


4. LEMBAGA TAHSIN DAN TAHFIZH AL-QUR`AN & RUMAH QURAN BUNYAN INDONESIA (LTQ BUNYAN dan RUQBI)
Lembaga Tahsin dan Tahfizh Al-Qur`an (LTQ) adalah lembaga yang fokus kegiatan untuk melakukan pemberantasan buta huruf Al-Qur`an dan buta hidup, melalui privat, pelatihan, seminar ataupun kaderisasi guru guru Al-Qur`an yang di adakan secara langsung di LTQ Bunyan Lembaga ini telah disiapkan untuk bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang memiliki keseriusan dalam bidang pembelajaran dan pengajaran Al-Qur`an baik dalam negeri ataupun luar negri.
Rumah Quran Bunyan Indonesia adalah fasilitas belajar bersama warga sekitar untuk usia anak anak, pemuda, orang tua terutama berkaitan dengan pembelajaran Al Quran atau pengajaran Al Quran sehingga hidup semakin sukses berkah dan mati husnul khotimah.

 
5. PUSAT STUDI BAHASA ASING (PUSIBA)
Menguasai Bahasa Asing adalah kebutuhan mendasar di era globalisasi saat ini. Terutama Bahasa Arab yang menjadi Bahasa Agama kita, maka memahami Bahasa Arab adalah wajib bagi setiap muslim karena untuk memahami Al-Qur`an dan Sunnah kita harus menguasai Bahasa Arab. Adapun Bahasa Asing lainnya dibutuhkan untuk menghadapi tantangan global. Untuk itu yayasan akan berupaya mengembangkan program kebahasaan diantara adalah; Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Turki, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa lainnya yang di butuhkan.


6. BUNYAN AKADEMI
Pengembangan Sekolah Bunyan Indonesia menjadikan Bunyan Akademi sebuah kebutuhan untuk melahirkan para SDM Bunyan berkualitas, konsultan dan para coach professional yang akan di tempatkan di seluruh cabang Sekolah Bunyan seluruh Indonesia dan juga sebagai fasilitas seluruh alumni yang akan melanjutkan perkuliahan baik di dalau atau di luar negeri atau bagi mereka yang akan melanjutkan ke bidang professional skill.

 
7. LEMBAGA AMIL ZAKAT BUNYAN (LAZ BUNYAN)
Untuk menunjang keberlangsungan program-program yayasan tentunya membutuhkan sumber daya material yang tidak sedikit. Maka selian kekuatan wakaf yang sejak awal telah menjadi sumber daya utama yayasan, dibentuklah Lembaga Amil Zakat Bunyan untuk mewadahi dan mengoptimalkan potensi zakat, infak dan sedekah umat Islam untuk kemudian dikelola dan disalurkan dalam berbagai program produktif dan solidaritas sosial kemanusiaan.
Dalam pengelolaannya, LAZ Bunyan telah resmi bermitra dengan LAZNAS IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) yang berpusat di Jakarta. Melalui kemitraan LAZ Bunyan dengan LAZNAS IZI diharapkan meningkatkan profesionalitas dan akuntabilitas pengeloaan Zakat, infaq, dan shadaqah LAZ Bunyan sehingga kepercayaan para Muzakki/donatur semakin tinggi dan program-program mencetak ulama dan hafizh Al-Qur`an serta pemberdayaan masyarakat dapat terlaksana dengan lebih baik dan menghasilkan output yang lebih banyak dan berkualitas.

8. WAKAF BUNYAN INDONESIA
Untuk tetap menjaga keberlangsungan Bunyan sebagai asset abadi Umat alhamdulillah SDM inti Yayasan Bunyan Auladia Cemerlang telah tersertifikasi menjadi Nazhir sah oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Wakaf Indonesia di bawah pengawasan Badan Wakaf Indonesia dengan nomor 38.01.2023 dan telah tergabung dalam Asosiasi Nazhir Indonesia sebagai Pengelola dan Pengembangan Harta Benda Wakaf

9. KOLABORASI LINTAS SEKTOR
Selain Lembaga-lembaga dan program program di atas, Yayasan Bunyan Auladia Cemerlang juga siap bekerjasama dengan semua pihak lintas sektor baik pemerintah ataupun swasta untuk bersama-sama menebar manfaat sebanyak-bayaknya kepada masyarakat seperti dengan Asosiasi Muslim Konselor Indonesia (AMKIN), Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI), Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) dan organisasi oraganisasi lainnya.

 

SUSUNAN PENGURUS YAYASAN
PEMBINA
1. Nanin Diah Kurniawati, S. Si
PENGURUS HARIAN
Ketua : Uus Mauludin. MA
Sekretaris : Saepuloh, S.Pd.I
Bendahara : Annisa Kurniasih, SE.
PENGAWAS
1. Feri Firmansyah, Lc., M.E.Sy.
2. Nurul Hadi Mannan, SS.